Mekanisme Kipas Angin AC, Begini Cara Kerjanya! - Babakhanico.com

Babakhanico.com

Semua dibagikan Gratis

Hot

Post Top Ad

Sunday, 23 December 2018

Mekanisme Kipas Angin AC, Begini Cara Kerjanya!



Perangkat pendingin ruangan yang permintaannya semain tahun semakin tinggi memang membuat kita jadi lebih concern dengan produk ini. Selain karena semakin banyaknya produsen yang membuat, banyaknya pilihan perangkat pendingin ruangan yang bermunculan, membuat kita harus cermat ketika membeli. Jadi Anda yang akan membeli produk pendingian ruangan Anda harus mencermati merk atau brand yang membuat perangkat tersebut. Selain itu Anda juga harus cermat menentukan satu pilihan produk pendingan ruangan untuk kebutuhan rumah Anda.
Beberapa perangkat pendingin ruangan yang ada di pasaran saat ini sendiri antara lain kipas angin, Air Conditioner (AC), air humidifier, air purifier dan juga air cooler atau kipas angin AC. Diantara beberapa produk pendingin ruangan tersebut, kipas angin AC menjadi pilihan yang banyak diminati publik. Tingginya minat masyarakat pada kipas angin AC sendiri dikarenakan banyaknya keuntungan dan manfaat yang bisa didapatkan dari perangkat ini.
Sebelum membahas keuntungan dan manfaat yang bisa didapatkan kipas angin AC ini, kita harus mengetahui dulu lebih jauh apa itu kipas angin AC. Ini karena banyak dari masyarakat yang belum mengetahui dengan baik perangkat ini. Salah satu hal yang paling banyak belum diketahui oleh publik dari perangkat ini sendiri adalah mekanisme kerja kipas angin AC.
Kipas Angin AC
Kipas angin AC memang memiliki cara kerja yang berbeda dengan beberapa perangkat pendingin lainnya. Mungkin satu produk yang hampir menyamai kinerja kipas angin AC adalah air humidifier. Bedanya hanya pada air humidifier kemampuannya lebih kecil dibanding kipas angin AC. Jadi kipas angin AC ini secara umum bekerja dengan cara meningkatkan kelembaban udara. Dengan mengandalkan air dingin yang ada di tangki, kipas angin AC akan mengubahnya menjadi uap air melalui proses kondensasi. Nah uap air yang dingin inilah yang kemudian akan disemburkan oleh kipas angin AC ke ruangan hingga membuat kelembaban udara meningkat.
Tapi bekerjanya kipas angin AC ini bergantung pada keberadaan air dingin yang terdapat pada tangki. Jika air dingin pada tangki ini habis maka kipas angin AC tidak bisa bekerja meningkatkan kelembaban. Dibalik apa yang dilakukan kipas angin AC ini sendiri dalam meningkatkan kelembaban udara, ada sesuatu hal yang buruk. Ini karena kelembaban yang diciptakan oleh kipas angin AC membuat udara jadi lebih basah. Nah udara basah dan lembab dari kipas angin inilah yang dapat memunculkan beberapa sumber penyakit seperti bakteri, jamur, virus dan parasit.
Mengenai munculnya beberapa sumber penyakit dari kipas angin AC ini Anda tak perlu terlalu khawatir. Pasalnya, hal buruk ini hanya muncul bila Anda menempatkan perangkat kipas angin AC di ruangan yang tidak seharusnya. Saat menggunakan kipas angin AC ini Anda memang tidak diperbolehkan menyalakannya di ruang tertutup dengan sirkulasi udara yang buruk. Jika Anda melakukannya, udara lembab dan basah di ruang tersebut akan memicu munculnya beberapa sumber penyakit yang telah disebutkan di atas. Jadi Anda yang tidak ingin kipas angin AC ini justru merugikan kesehatan keluarga, Anda harus meletakkan perangkat ini di tempat yang tepat. Tempat tepat untuk meletakkan dan menyalakan AC ini adalah di ruang dengan sirkulasi udara yang baik.
Namun dibalik kekurangan yang ada pada kipas angin AC, perangkat pendingin ruangan ini juga punya beberapa kelebihan yang tak bisa Anda remehkan. Beberapa kelebihan sekaligus keuntungan serta manfaat yang bisa Anda peroleh antara lain hemat biaya listrik. Dengan daya yang dibutuhkan antara 80 hingga 110 watt, tentu kipas angin AC menjadi perangkat yang lebih hemat dibanding air conditioner. Selain itu keunggulan kipas AC adalah mudah dan murahnya dalam perawatan. Ini dikarenakan saat merawat dan membersihkan kipas angin AC, Anda tak perlu mendatangkan ahli service seperti pada perawatan air conditioner. Ketika Anda bisa merawat kipas angin AC ini sendiri maka tidak akan ada biaya yang perlu dikeluarkan.
Selanjutnya, kelebihan dan keunggulan kipas angin AC ini adalah sifatnya yang portabel sehingga bisa dengan leluasa untuk dipindah-pindahkan. Terakhir, keunggulan dan keuntungan kipas angin AC yakni harganya yang relatif lebih murah jika dibandingkan dengan banderol air conditioner. Dari harga beli yang murah ini maka Anda bisa menghemat pengeluaran.


No comments:

Post a comment

Post Top Ad