Siklus Haid Tidak Lancar? Ini Cara Melancarkannya - Babakhanico.com

Babakhanico.com

Semua dibagikan Gratis

Hot

Post Top Ad

Thursday 12 September 2019

Siklus Haid Tidak Lancar? Ini Cara Melancarkannya


Setiap wanita tentunya memiliki siklus haid yang berbeda-beda. Normalnya siklus haid akan berlangsung selama 21-35 hari sekali. Haid yang tidak teratur bisa datang lebih cepat atau lebih lama dari seharusnya. Penyebab haid tidak teratur juga bisa disebabkan karena beberapa faktor. Jika siklus menstruasi Anda sedang tidak teratur, lancarkan dengan cara ini.

Istirahat yang Cukup 
Kelelahan atau stres pikiran ternyata juga berpengaruh pada kalender haid Anda. Haid bisa datang lebih cepat atau bahkan lebih lambat dari biasanya. Obat paling manjur untuk mengatasinya adalah dengan beristirahat. Saat siklus haid sedang tidak sempurna, ada baiknya mulai hentikan kebiasaan begadang sebab hal ini tidak memberi manfaat apapun bagi tubuh. 

Meditasi
Meditasi juga merupakan cara sederhana selanjutnya yang bisa Anda lakukan untuk melancarkan siklus haid. Sebab meditasi mampu membantu mengurangi stres dan menyeimbangkan kadar hormon dalam tubuh sehingga kalender haid menjadi normal kembali. Usahakan untuk meditasi di pagi hari atau di malam hari sebelum tidur. 

Berlatih Yoga
Ternyata yoga termasuk olahraga yang dapat mengurangi rasa nyeri menstruasi. Tak hanya mengurangi rasa nyeri akibat haid saja, yoga juga mampu membantu mengendalikan kadar hormon dan membuat jadwal haid menjadi teratur kembali. Anda bisa merasakan manfaatnya setelah beryoga selama 35-40 menit  setiap 5 hari dalam seminggu selama 6 bulan. 

Menjaga Berat Badan 
Berat badan yang terlalu berat atau terlalu kurus juga mengganggu siklus haid. Untuk itu pastikan Anda selalu menjaga berat badan tetap ideal untuk memperlancar siklus menstruasi Anda setiap bulannya. Mulailah jaga berat badan Anda dengan rutin berolahraga dan perbanyak mengonsumsi makanan yang sehat dan bergizi. 

Mengganti Alat Kontrasepsi 
Ada beberapa jenis alat kontrasepsi yang dapat mengganggu siklus haid seseorang. Jadi jika siklus haid Anda mulai tidak teratur setelah menggunakan alat kontrasepsi tertentu, pastikan untuk segera mengganti alat kontrasepsi agar siklus haid Anda dapat normal kembali. Jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter jika siklus haid Anda mulai tidak teratur setelah KB. 

Memang penyebab haid tidak teratur bisa disebabkan karena beberapa hal. Haid yang tidak teratur juga tak hanya bisa dialami oleh orang tua dan wanita yang sudah menikah saja. Anak remaja juga bisa mengalaminya. Jadi jika Anda mengalami telat datang bulan, jangan ragu untuk konsultasi ke dokter guna mengetahui penyebabnya dengan pasti. 

No comments:

Post a Comment

Post Top Ad