Mengatasi Pilek Pada Anak Selain Konsumsi Obat Pilek Di Rumah - Babakhanico.com

Babakhanico.com

Semua dibagikan Gratis

Hot

Post Top Ad

Wednesday 18 December 2019

Mengatasi Pilek Pada Anak Selain Konsumsi Obat Pilek Di Rumah


Selain memanfaatkan obat pilek ampuh yang tidak ngantuk pada anak, ternyata masih ada beberapa hal lainnya yang dapat Anda lakukan di rumah untuk mengatasi pilek. Tidak hanya membuat anak merasa tenang tetapi dapat juga membuat mereka semakin nyaman berada di rumah. 

Berikut ini adalah beberapa cara alami yang dapat Anda lakukan untuk meredakan pilek pada anak selain mengkonsumsi obat, diantaranya adalah:

Uap Air Hangat
Dengan menghirup uap hangat dapat dijadikan obat pilek alami untuk anak. Tidak hanya dapat membantu mengencerkan lendir, tetapi juga dapat melemaskan saluran hidung yang bengkak. Dengan melakukan cara ini, anak tidak harus lagi kepayahan untuk sekadar bernapas.

Cara membuat uap air hangat untuk anak:
  • Siapkan air panas yang sudah dituang ke dalam wadah, misal baskom. 
  • Teteskan 10-15 tetes minyak kayu putih atau esensial oil.
  • Taruh wadah tepat di bawah kaki Anda, perlu diingat Anda harus duduk di kursi yang cukup tinggi. 
  • Taruh anak dalam posisi telungkup pada kedua paha. Wajah anak tepat menghadap wadah air. 
  • Tepuk perlahan punggung anak sampai lendir keluar. Bila anak menangis, tetap lakukan sampai lendir dirasa sudah cukup banyak keluar. 


Rajin Minum Air Putih Hangat
Selalu ajak anak untuk minum air hangat. Selain bagus untuk kesehatan, air hangat dipercaya dapat membantu mengencerkan lendir pada hidung anak. 

Tidak harus air putih hangat, bila anak merasa bosan berikan teh hangat, susu full cream hangat, atau air jahe. 

Berikan Asupan Vitamin C
Obat pilek alami lainnya yang mudah sekali ditemukan kandungan vitamin C nya adalah buah-buahan dan sayuran. Adapun contoh vitamin yang terdapat pada buah adalah jeruk, lemon, belimbing, tomat, jambu, paprika, kiwi, brokoli, pepaya, stroberi.

Istirahat Yang Cukup
Anak-anak terkenal dengan dunia bermainnya. Saat pilek melanda, ada baiknya bila jam bermain anak di jeda beberapa waktu. Karena saat pilek kondisi tubuh anak menjadi tidak stabil, bahkan pilek tersebut dapat menular pada anak lainnya bila Anda tetap membiarkan mereka bermain bersama-sama. 

Istirahat yang cukup dan mengkonsumsi makanan yang sehat dapat membantu penyembuhan pilek pada anak akan cepat berlangsung. 

Bila pilek yang menjangkiti anak-anak tidak kunjung sembuh, segera berobat ke dokter. Agar diberikan obat yang aman untuk usus dan pencernaan anak sehat

No comments:

Post a Comment

Post Top Ad